Senin, 25 Februari 2008

Arga do Bona na pinasa

Agrado bona ni pinasa...
menurut ayahku dulu itu adalah kiasan yg artinya kurang lebih hargailah kampung halamanmu..
maaf klo aku kurang begitu paham untuk menterjemahkannya.. tapi kurang lebih begitulah artinya..
menghargai kampung halaman..asal usul dan budaya bangsa atau suku sendiri...

kekayaan dan keragaman bahsa daerahku membuat ku utk lebih banyak belajar tentang bahasa "ibu" yang sudah aku tau sejak aku masih kecil.. tapi ternyata masih banyak lagi kosa kata dari bahasa "ibu" yg blm aku ketahuin...

suatu waktu aku berbincang dengan seorang sahabat yg kebetulan beliau adalah seorang keturuan jawa..jadi sama sekali dia tidak mengetahui bhs batak..

na.. begitu dia memanggilku.. horas itu sebenarnya artinya apa sih..??
horas yah.. aku jawab semampuku.. yah horas itu artinya macam maca tergantung dia diletakan di kata mana.. (karna itu yg selalu aku dengar )
disaat org mau berpisah.. selalu menyebutkan.. horas..
saat ketemu juga menyebutkan horas..saat pesta atau gembira horas juga gak pernah tinggal.. yah pokonya horas itu artinya komplit deh..
kalau sudah horas berarti tidak ada lagi yang kurang :-)
itulah pengertianku..
aku belum pernah seraca khusus bertanya tentang arti horas ke ahli bahasa batak.. smoga suatu saat ada org yg membaca blog ku ini dan bersedia memberikan arti horas yang sebenarnya..

kemudian sahabatku bertanya lagi.. knp kmu namai blogmu parsaulian.. kenapa gak pake nama ajah.. atau marga atau apa gitu yg gampang di mengerti..emang parsaulian itu artinya apa??
hehehehee...
balik lagi.. aku jelasin kalau parsaulian itu artinya komplit deh... hihih (nih anak taunya jawab komplit mulu)
parsaulian itu artinya.. yah yg baik baik deh,aku artikan parsaulian itu berkat kali yah..???
soalnya klo aku dengar org dapat berkat nyebutnya parsaulian juga kok.. hehehehehe
sahabatku bilang.. aneh iki wong batak.. gak punya pendirian.. wong mengartikan horas ajah bingung.. mengartikan parsaulian juga bingung..

ah masa bodo.. wlo dia gak ngerti.. yg pasti aku tau arti horas dan parsaulian.. aku tau maknanya luas...

hehehehe..
pagi pagi udah nge blog... jgn marah yah bos :-P

Selamat pagi pak.. selamat pagi bu... selamat pagi Semua...


peace

Tidak ada komentar: